Selasa, 19 Maret 2013

Hadist Mengenai Pahala Kebaikan





Hadist Mengenai Pahala Kebaikan


"Dari Ibnu Abbas ra. dari Rasulullah Saw. dimana beliau menceritakan tentang apa yang diterimanya dari Tuhan Yang Maha Pemberkah Lagi Maha Luhur, dimana beliau bersabda; "Sesungguhnya Allah Ta'ala mencatat kebaikan - kebaikan dan kejahatan - kejahatan, kemudian dijelaskan semua itu. Barang siapa yang bermaksud untuk mengerjakan kebaikan tetapi ia tidak melaksanakannya, maka Allah mencatat baginya satu kebaikan pada sisi - Nya, dan barang siapa yang bermaksud untuk mengerjakan kebaikan lantas ia mengerjakannya, maka Allah mencatat baginya sepuluh kebaikan sampai lipat tujuh ratus kali, bahkan sampai berlipat ganda yang tidak terhitung banyaknya. Barang siapa yang bermaksud berbuat kejahatan tetapi ia tidak melaksanakannya, maka Allah mencatat baginya satu kebaikan yang sempurna, dan barang siapa bermaksud untuk melaksanakan kejahatan lantas ia mengerjakannya, maka Allah mencatat baginya satu kejahatan." (HR. Bukhari dan Muslim)

 

          Disini bisa kita perhatikan (semoga Allah memberi taufiq kepada kita sekalian) akan besarnya kasih sayang dari Allah, dan perhatikanlah kata - kata ini. Sabdanya; 'Pada sisinya' menunjukkan penghargaannya dan sabdanya; 'Sempurna' ialah untuk menguatkan dan menunjukkan penghargaanya, dan sabdanya; 'Kejahatan' yang ia niat mengerjakannya, tetapi tidak dikerjakannya, ditulis Allah baginya satu kebaikan yang sempurna. Ia menguatkan dengan kata 'sempurna', dan apabila ia mengerjakannya, ditulis 'satu kejahatan'. Ia tidak menentukan sedikitnya dengan perkataan 'satu' dan tidak pula ia menguatkan dengan 'sempurna'.

           Maka segala puji dan syukur bagi Allah, Maha Suci Ia, kami tidak kuasa menghitung puji bagi - Nya dan kepada Allah - lah kita harapkan taufiq dan hidayah - Nya.

 

Sumber/Dikutip dari : Buku Terjemah Hadist Ar'bain Annawawiyyah, Achmad Sunarto.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar